NEWS & LIFESTYLE

Tips Hemat Belanja Bulanan

Yang satu ini adalah belanja yang tak bisa dihindari, apalagi jika Anda sudah berkeluarga. Tetapi Anda masih bisa menghindari satu hal berkaitan dengan belanja bulanan, yaitu belanja bulanan secara boros. Kedengarannya memang mudah, tetapi praktiknya ternya lebih sulit. Yuk, simak tips ini untuk membantu Anda lebih hemat dalam belanja bulanan.

  1. Sesuai namanya, lakukan belanja bulanan satu kali setiap bulan. Kebiasaan belanja di supermarket berkali-kali, walaupun hanya untuk membeli beberapa keperluan tertentu, akan membuat pengeluaran Anda lebih banyak. Tanpa Anda sadari seringkali Anda mengambil barang-barang lain yang bukan jadi tujuan Anda pergi ke supermarket.
  2. Buatlah catatan belanja selengkap mungkin. Catatan belanja akan memudahkan Anda dalam berbelanja, mengambil apa-apa saja yang Anda perlukan sehingga taka da yang terlewat. Dengan begitu Anda akan terhindar dari kunjungan tambahan ke supermarket nantinya.
  3. Periksa iklan promosi di koran supaya Anda bisa menngetahui penawaran terbaik minggu ini. Tak perlu mengunjungibeberapa supermarket yang berbeda khusus untuk mengejar barang yang sedang diskon, pilih saja yang menawarkan promo terbanyak untuk barang yang ada di catatan belanja Anda. Bandingkan harga dan beli barang yang tahan lama sekaligus dalam jumlah banyak saat sedang promosi. Misalnya tissue dapur yang masih bisa Anda simpan untuk stok bulan depan.
  4. Manfaatkan promo kartu kredit Anda. Cari tahu mengenai promo yang sedang berlangsung dan nikmati keuntungannya. Misalnya saat Anda menggunakan Mega Barca Card untuk belanja di Carrefour maka Anda akan mendapatkan diskon.

Nah, setelah mengikuti tips soal berbelanja bulanan, ternyata penyimpanan barang di rumah juga dapat membantu Anda lebih hemat, lho. Simpanlah bahan makanan dengan baik di tempat penyimpanan yang sesuai sehingga awet dan Anda tak perlu membeli lagi hanya karena bahan makanan Anda rusak sebelum waktunya.